SAMPAH MENUMPUK DI LOKASI WISATA SEUSAI LIBURAN, DPRD MINTA HAL INI SEGERA DILAKUKAN

SAMPAH MENUMPUK DI LOKASI WISATA SEUSAI LIBURAN, DPRD MINTA HAL INI SEGERA DILAKUKAN

SAMPAH MENUMPUK DI LOKASI WISATA SEUSAI LIBURAN, DPRD MINTA HAL INI SEGERA DILAKUKAN

Peningkatan pengunjung wisata pantai selama libur lebaran menyisakan banyak sampah berserakan. Sedikitnya tempat pembuangan sampah serta rendahnya kesadaran wisatawan memberikan andil besar menumpuknya sampah di kawasan Pantai Payangan Jember.

Anggota DPRD Jember David Handoko Seto, Rabu (3/5/23) menilai fenomena tersebut perlu menjadi evaluasi Pemkab dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup. Legislator partai Nasdem itu meminta, agar instansi terkait segera membersihkan sisa sampah yang ditinggalkan wisatawan. Berikut menganggarkan untuk pembuatan tempat sampah.

Sebab menurutnya, hingga saat ini keberadaan tempat sampah masih tidak mencukupi. Selain itu juga mengedukasi masyarakat agar tidak sembarangan membuang sampah di manapun. Dengan peduli pengelolaan sampah dan didukung sarana tempat pembuangan sampah yang memadai, akan memudahkan petugas kebersihan mengangkut sampah dari TPS ke TPA terdekat.

David menyebut, Perda Sampah untuk Jember juga telah disahkan pada Bulan Ramadan kemarin. Untuk itu ia meminta agar Pemkab segera mengeluarkan Perbub implementasi untuk Perda tersebut. Tentunya dengan merangkul komunitas-komunitas peduli lingkungan untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Lebih lanjut David mengatakan salah satu item dalam Perda Sampah juga mengatur penggunaan kantong tidak sekali pakai. Sehingga diharapkan setelah Perda dieksekusi, toko-toko modern berjejaring tidak lagi memberikan beban sampah plastik pada alam. Atau bila memungkinkan dapat beralih pada penghunaan kantong ramah lingkungan yang mudah terurai.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B