Tak Ada Foto Capres Prabowo dalam Banner Sambut SBY, Ini Penjelasan Demokrat

Tak Ada Foto Capres Prabowo dalam Banner Sambut SBY, Ini Penjelasan Demokrat

Tak Ada Foto Capres Prabowo dalam Banner Sambut SBY, Ini Penjelasan Demokrat

Presiden keenam RI yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Jember pada hari Minggu (28/01/2024) kemarin, sebagai bagian dari safari politik jelang coblosan. SBY disebut Partai Demokrat turun gunung untuk meningkatkan suara partai yang pernah berjaya sekitar 10 tahun yang lalu itu.

Berbagai banner dipasang oleh Partai Demokrat untuk menyambut tokoh besarnya itu. hampir semua spanduk menampilkan foto SBY bersama sang putra yang kini menjadi Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Meski demikian, dari pantauan wartawan K-radio, hampir tidak ada satupun foto capres Prabowo maupun cawapres Gibran dalam banner Partai Demokrat. Padahal, Partai Demokrat merupakan salah satu pendukung dalam koalisi paslon nomor urut 02.

Terkait hal itu, Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat, Renada Bachtar menyebut partainya saat ini memang menempuh strategi dengan menampilkan hal-hal positif yang pernah dicapai selama masa kejayaan Partai Demokrat yakni pada masa pemerintahan Presiden SBY. Memori masa pemerintahan tahun 2004 hingga 2014 itu diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk memilih Partai Demokrat.

Renada mengakui, sikap Demokrat mendukung Prabowo membawa efek ekor jas (coat tail effect) atau peningkatan suara bagi partai, namun tidak banyak. Sebab, Prabowo bukan kader partai Demokrat. Gerindra dinilai yang paling banyak mendapat efek ekor jas diantara partai koalisi lainnya.

Karena itu, Partai Demokrat lebih menonjolkan figur SBY ketimbang Prabowo. Karena partai ini juga fokus untuk menggenjot suara di Pemilu Legislatif. Namun, Partai Demokrat juga tetap berkomitmen memerintahkan seluruh kadernya untuk mengkampanyekan paslon Prabowo – Gibran.

Samalah waktu kayak pak SBY nyapres, partai2 koalisi yang paling dapat efek ekor jasnya adalah Demokrat. Wajar. Tapi gmn pun jga, kita tentu sebagai koalisi tetap wajib memperjuangkan tidak hanya pileg tp jg pilpres

Sementara itu, dalam pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan kader Partai Demokrat di Jember pada hari Minggu kemarin, SBY meminta seluruh caleg Demokrat untuk tidak perlu banyak mengumbar banyak janji kepada masyarakat. Mereka hanya diminta mensosialisasikan berbagai capaian yang pernah dilakukan Partai Demokrat semasa pemerintahan SBY tahun 2004 – 2014.

Beberapa diantaranya adalah kenaikan gaji PNS dan TNI Polri setiap tahun serta kemudahan mendapatkan pupuk dan subsidi lainnya. (adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B