TEKAN MELAMBUNGNYA HARGA BAPOKTING JELANG RAMADHAN, PEMKAB JEMBER GELAR OPERASI PASAR HINGGA JEMBER BERBAGI

TEKAN MELAMBUNGNYA HARGA BAPOKTING JELANG RAMADHAN, PEMKAB JEMBER GELAR OPERASI PASAR HINGGA JEMBER BERBAGI

TEKAN MELAMBUNGNYA HARGA BAPOKTING JELANG RAMADHAN, PEMKAB JEMBER GELAR OPERASI PASAR HINGGA JEMBER BERBAGI

Menjelang Bulan Ramadan harga sejumlah bahan pokok dan penting (Bapokting) di Kabupaten Jember berangsur naik. Berdasarkan konfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp, Kepala Disperindag Jember, Bambang Saputro menyampaikan, harga beberapa Bapokting mengalami kenaikan karena permintaan masyarakat yang melonjak.
Seperti di Pasar Tanjung, komoditas yang naik di antaranya adalah Cabai Rawit dari harga Rp.63.000/kg naik menjadi Rp.75.000/kg. Bawang Putih naik dari harga Rp.25.000/kg menjadi Rp.30.000/kg. Bawang Merah naik dari harga Rp.28.000/kg menjadi Rp.31.000/kg, dan Telur Ayam naik dari harga Rp.26.000/kg menjadi Rp.28.000/kg.

Menanggapi hal tersebut, ia mengingatkan bahwa pada bulan Desember tahun lalu Pemkab Jember telah memberikan bantuan bibit Cabai Merah, Cabai Rawit dan Bawang Merah kepada masyarakat, masing-masing sebanyak 15 ribu. Dengan harapan agar bisa dipanen menjelang Bulan Ramadan.

Selain itu, Pemkab Jember juga menggelar operasi pasar di seluruh pasar tradisional yang ada di Kabupaten Jember. Terhitung sejak 16 Januari 2023 yang dilakukan setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis.

Pada saat memasuki Bulan Ramadan, selain operasi pasar Pemkab Jember juga akan melakukan pasar murah di semua Kecamatan dan Bazar Ramadan di Alun-alun Jember. Selain itu Bupati juga akan menggelar acara Jember berbagi. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan ketersediaan Bapokting di masyarakat dan mengendalikan harga untuk menekan laju inflasi di Kabupaten Jember.

Dengan naiknya harga Bapokting menjelang Ramadan ini, salah satu warga, Alvia Eka berharap, kenaikan harga Bapokting ini tidak terjadi dalam kurun waktu yang lama dan berharap harga segera stabil Kembali. Karena menurutnya, jika harga barang-barang terus naik akan berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat serta mendorong tingginya inflasi.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B