TERPILIH JADI PELAKSANA PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA 2022, POLIJE SIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA

TERPILIH JADI PELAKSANA PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA 2022, POLIJE SIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA

TERPILIH JADI PELAKSANA PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA 2022, POLIJE SIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA

Politeknik Negeri Jember (Polije) terpilih menjadi 1 dari 17 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia pelaksana program Wirausaha Merdeka 2022. Program tersebut diinisiasi oleh Kemendikbudristek RI bagi para mahasiswa yang punya ketertarikan terhadap dunia wirausaha. Tujuannya untuk memantik minat dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha, menanamkan mindset dan kompetensi dasar dalam berwirausaha. Serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dalam daya kerja, kapasitas dan kualitas lulusan. Belasan PT yang terpilih itu membuka kesempatan bagi mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk belajar dan mengembangkan ilmu di bidang kewirausahaan.

Di Poije sendiri, program itu diikuti oleh 1.122 mahasiswa yang berasal beberapa PT, baik dari Jember dan beberapa wilayah lain di Indonesia. Program itu diresmikan pada Senin (5/9/2022) dalam acara bertajuk Kick Off Program Wirausaha Merdeka Politeknik Negeri Jember 2022. Acara itu dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah yang mewakili Gubernur. Melalui program itu, ia berharap mahasiswa yang telah mengikuti Wirausaha Merdeka, mampu menjadi lulusan yang siap berwirausaha.

Andromeda berkomitmen, pihaknya menyiapkan penguatan dari sisi kelembagaan untuk membantu peningkatan kualitas mutu produk yang dihasilkan. Menurutnya, selama ini masalah yang dihadapi UMKM di Jatim adalah penyusunan laporan keuangan. Dengan adanya lulusan dari Wirausaha Merdeka, mereka akan lebih terlatih dalam pengaksesan internet. Sehingga akan mempermudah dalam kurasi dan pemasaran produk.

Dikonfirmasi bersamaan, Direktur Polije, Saiful Anwar, menjelaskan akan ada 45 PT yang akan terlibat dalam Wirausaha Merdeka Polije. Program tersebut berjalan selama 5 bulan, dari Agustus sampai Desember 2022 dengan serangkaian kegiatan. Mulai dari pembelajaran melalui kelas bisnis, magang, business matching dan gelar produk. Ia ingin program tersebut mampu menjadi jawaban tantangan pada 2045, yakni Indonesia Emas pada usia yang ke-100. Sehingga lulusan dari program Wirausaha Merdeka Polije mampu menjadi generasi yang menyongsong cita-cita tersebut.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B