TIPS MINIM SAMPAH SAAT LIBUR LEBARAN

TIPS MINIM SAMPAH SAAT LIBUR LEBARAN

TIPS MINIM SAMPAH SAAT LIBUR LEBARAN

Meningkatnya antusias masyarakat mengunjungi tempat wisata saat momen libur lebaran membawa persoalan tersendiri. Minimnya kesadaran wisatawan untuk membuang sampah ditempatnya membuat sampah berserakan di tempat-tempat wisata.
Untuk mengurangi volume sampah saat libur lebaran, Nurul Hidayah alias Cak Oyong, Inisiator Komunitas Sobung Sarka Jember, Kamis (27/4/23) membagikan tips minim sampah saat liburan. Pertama membawa bekal sendiri seperti makanan dan minuman menggunakan wadah tidak sekali pakai, hal ini selain menghemat juga tidak menghasilkan sampah.

Kedua, jika masih menghasilkan sampah, usahakan membuang sampahnya harus ditempat sampah. Jika tetap tidak bisa menemukan tempat sampah, bisa membawa sampahnya kerumah untuk selanjutnya dibuang ke tempat sampah yang ada.

Selain itu, ia juga berbagi tips untuk pengelola wisata antara lain, pertama menyediakan tempat sampah yang cukup agar memudahkan pengunjung membuang sampah.

Kedua, memilah sampah terlebih dulu. Sampah yang bisa di daur ulang di jual ke pengepul seperti botol dan gelas plastik.

Ketiga, bisa bekerja sama dengan bank sampah terdekat atau membentuk bank sampah sendiri. Keempat bisa memberdayakan para pemulung untuk mengelola sampahnya.

Cak Oyong menjelaskan, tempat wisata yang bersih akan mendatangkan lebih banyak lagi pengunjung dan akan memberikan keuntungan bagi pengelola.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B