TOLAK HASIL KONFERCAB, SEJUMLAH PAC PAGAR NUSA SAMPAIKAN ASPIRASI KE PC NU JEMBER

TOLAK HASIL KONFERCAB, SEJUMLAH PAC PAGAR NUSA SAMPAIKAN ASPIRASI KE PC NU JEMBER

TOLAK HASIL KONFERCAB, SEJUMLAH PAC PAGAR NUSA SAMPAIKAN ASPIRASI KE PC NU JEMBER

Puluhan anggota perguruan silat Pagar Nusa pada Senin (4/7/2022) siang mendatangi kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) di Kaliwates. Tujuannya untuk menyampaikan aspirasi terkait hasil Konferensi Cabang (Konfercab) yang menghasilkan KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman sebagai Ketua terpilih PC Pagar Nusa Jember.

Juru Bicara 8 Pengurus Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa yang datang, Ahmad Ulinnuha, menjelaskan bahwa masalah tersebut bermula dari pelaksanaan Konfercab Pagar Nusa Jember yang digelar pada 20 Februari di kantor PC NU Jember. Terdapat 2 kandidat dalam Konfercab tersebut, yakni kandidat petahana Fathorrosi dan Gus Rohim. Namun, hasil voting menunjukkan kedua kandidat memperoleh hasil yang imbang atau draw, sehingga tidak ada calon yang menang terpilih.

Ahmad melanjutkan, kepemimpinan Pagar Nusa Jember akhirnya diambil alih oleh Pagar Nusa Jatim, disusul pembentukan kepengurusan sementara (Caretaker) Pagar Nusa Jember. Kemudian pada Minggu (3/7/2022), digelar kembali Konfercab Pagar Nusa Jember di Pondok Pesantren Asshiddiq Putra (Astra) yang diasuh Gus Firjaun. Hasilnya, Gus Firjaun yang dipilih menjadi ketua Pagar Nusa Jember.

Namun, salah satu kubu menilai pelaksanaan Konfercab di Ponpes Astra itu tidak sah. Ada banyak cacat prosedur seperti tidak adanya SK Caretaker. Sehingga, mereka menitipkan aspirasinya kepada PC NU Jember untuk diteruskan kepada pengurus pusat.

Aspirasi penolakan hasil Konfercab itu disampaikan kepada PC NU Jember melalui Wakil Ketua, DR Akhmad Taufiq. Menurut Taufiq, sebagai organisasi badan otonom (banom), Pagar Nusa menginduk kepada kepengurusan di tingkat provinsi dan pusat. Posisi PC NU Jember dalam hal ini hanya menerima masukan dari bawah untuk kemudian diteruskan ke pusat.

Taufiq mengaku, saat pelaksanaan Konfercab di Astra yang digelar pada akhir pekan lalu, PC NU Jember juga mendapat undangan untuk hadir. Namun, pihaknya memilih tidak hadir karena menilai ada beberapa kesalahan prosedur. Secara umum, PC NU Jember berharap agar masalah di Pagar Nusa bisa diselesaikan secara baik-baik. Ia juga menegaskan, PC NU Jember menghormati siapapun yang nantinya akan dipilih untuk memimpin Pagar Nusa Jember ke depan.(adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B