TPA PAKUSARI JADI PILIHAN WARGA JEMBER BERLIBUR SAAT TAHUN BARU

TPA PAKUSARI JADI PILIHAN WARGA JEMBER BERLIBUR SAAT TAHUN BARU

TPA PAKUSARI JADI PILIHAN WARGA JEMBER BERLIBUR SAAT TAHUN BARU

Liburan tahun baru menjadi momen menarik untuk mengunjungi beragam tempat wisata bersama keluarga. Salah satu destinasi wisata anti mainstream yang menjadi tujuan warga Jember pada libur tahun baru kali ini adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari. Meski sempat diragukan, namun TPA terbesar di Jember itu layak menjadi tujuan berlibur, karena tempat tersebut telah disulap menjadi wahana wisata yang indah dan ramah lingkungan .

Saat memasuki Kawasan TPA, yang tampak tidak lagi seperti masuk ke tempat pembuangan sampah. Suasana nampak asri dan bersih dengan sejumlah bunga yang ditanam di pot yang terbuat dari barang bekas pakai. Wisatawan yang berkunjung juga memanfaatkan spot-spot foto yang tersedia. Diantaranya dikawasan Zona Pasif, dimana terdapat sebuah replika dinosaurus cukup besar serta disebelahnya terdapat bangunan pondok yang berdinding botol bekas. Tak hanya itu, sebagai tempat bersantai wisatawan juga difasilitasi gazebo dengan pemandangan rerumputan hijau terawat segar.

Koordinator TPA Pakusari, Muhammad Masbut menjelaskan, selama momen libur tahun baru pihaknya sengaja menambah kapasitas lahan parkir. Pasalnya, ia memprediksi akan ada banyak warga yang berkunjung dan hal tersebut benar terjadi. Banyak masyarakat yang berwisata ke TPA Pakusari untuk sekedar melepas penat sekaligus belajar banyak mengenai pengelolaan sampah. Tak hanya itu, dilokasi juga banyak pelaku UMKM yang berjualan sehingga dapat mendorong tumbuhnya perekonomian diwilayah tersebut.

Lebih lanjut Masbut juga mengimbau agar wisatawan yang berkunjung ikut merawat taman dan bisa dengan tertib membuang sampah di tempat yang disediakan. Sebab, meski taman TPA Pakusari berdampingan dengan gundukan sampah, namun taman tersebut sangat terawat dan bebas sampah yang berserakan. (ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B