UANG RUPIAH KERTAS BARU TAHUN EMISI 2022 DILUNCURKAN, DESAIN WARNA LEBIH TAJAM

UANG RUPIAH KERTAS BARU TAHUN EMISI 2022 DILUNCURKAN, DESAIN WARNA LEBIH TAJAM

UANG RUPIAH KERTAS BARU TAHUN EMISI 2022 DILUNCURKAN, DESAIN WARNA LEBIH TAJAM

Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan 7 uang rupiah kertas Tahun Emisi (TE) 2022. Peluncuran uang kertas TE 2022 itu dirilis dalam momen HUT ke-77 Republik Indonesia. Uang kertas TE 2022 ini diluncurkan dengan pecahan mulai Rp 1.000 – Rp 100.000.

Tampilan uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Ada 3 aspek inovasi penguatan uang TE 2022, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Tujuannya agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan. Serta lebih sulit untuk dipalsukan, sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya.

Dalam acara peluncuran Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan rupiah bukan sekadar mata uang. Rupiah sebagai wujud nilai tukar juga menggambarkan perjalanan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setiap lembar rupiah terdapat berbagai narasi mengenai histori bangsa. Dalam mata uang rupiah pun tergambar spirit serta keberagaman dan kesatuan Indonesia.

Seluruh uang rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia. Masyarakat bisa menukar uang TE 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan BI.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B