UIN KHAS DUKUNG PROGAM 1 JUTA SEHATI, UNTUK USAHA MIKRO KECIL DI JEMBER

UIN KHAS DUKUNG PROGAM 1 JUTA SEHATI, UNTUK USAHA MIKRO KECIL DI JEMBER

UIN KHAS DUKUNG PROGAM 1 JUTA SEHATI, UNTUK USAHA MIKRO KECIL DI JEMBER

Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) adalah program yang diperuntukkan bagi pelaku usaha Usaha Mikro Kecil (UMK) khususnya makanan dan minuman. Program kolaboratif antara Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, instansi dan pihak swasta ini bertujuan untuk memfasilitasi pembiayaan sertifikasi halal secara gratis bagi pelaku UMK.

Menurut Andi Suhardi, Ketua Penelitian Produk Halal UIN KH Achmad Siddiq Jember, pemerintah di tahin 2023 ini membuat Program 1 Juta Fasilitasi Sehati. Dan tentu saja Jember juga termasuk dalam program tersebut. Di Jember program ini sudah dilaksanakan sejak (2/1/2023) lalu, dengan jumlah target 2.000 sertifikat halal gratis.

Andi merinci, jumlah UMK di Jember saat ini sebanyak 8.760, dimana sekitar 7.500 diantaranya adalah UMK Kuliner, inilah yang akan menjadi target Program Sehati.

Untuk menyukseskan program tersebut, telah dilaksanakan melalui KKN tematik di beberapa wilayah Kecamatan di Jember seperti Mangli, Sempusari, Kaliwates, Kepatihan dan Tegal Besar.

Andi berharap dengan program ini para pelaku usaha khusunya bergerak di bidang makanan dan minuman bisa segera memperoleh sertifikat halal. Karena bisa meningkatkan usaha dan sebagai jaminan kepada konsumen bahwa produk tersebut sudah terjamin kehalalannya. (Raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B