UNEJ SIAPKAN KUOTA 2.272 KURSI DALAM SNMPTN 2021

UNEJ SIAPKAN KUOTA 2.272 KURSI DALAM SNMPTN 2021

UNEJ SIAPKAN KUOTA 2.272 KURSI DALAM SNMPTN 2021

Penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dibuka. Sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), SNMPTN dimulai Senin (15/2/2021) sampai Rabu (24/2/2021).

Wakil Koordinator Humas Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto mengatakan, Universitas Jember saat ini memiliki 59 program studi jenjang sarjana yang ada di Kampus Tegalboto, Jember dan Kampus Bondowoso. Di tahun 2021, pihaknya menyiapkan kuota 2.272 kursi untuk SNMPTN. Jika menilik ke belakang, berdasarkan data dari Bagian Akademik, ada 22.043 siswa dari seluruh Indonesia di tahun 2020 yang mendaftarkan diri ke Universitas Jember melalui jalur SNMPTN. Dari jumlah tersebut, hanya 2.362 orang saja yang lolos seleksi.

Menurut Rokhmad, berdasarkan imbauan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin, sebelum memilih program studi yang diminati, siswa hendaknya aktif mencari informasi selengkap-lengkapnya mengenai program studi yang ingin dipilih. Para siswa yang akan mendaftar, bisa mencari informasi mengenai program studi melalui laman PTN. Di laman tersebut, sudah tersedia informasi profil hingga prospek kedepannya. Ia menegaskan, jangan sampai para siswa salah pilih jurusan.

Dalam memilih program studi, Rokhmad menyarankan, para siswa juga perlu melihat data keketatan kompetisi di tiap program studi yang ada di laman LTMPT. Hal itu bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam menghitung peluang menembus program studi idaman. Karena di jalur SNMPTN, penilaiannya adalah prestasi siswa dan sekolah, maka tidak ada salahnya jika siswa berdiskusi dengan guru yang paham rekam jejak akademisnya.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B