UPACARA PENURUNAN BENDERA PEMKAB JEMBER DIWARNAI DRAMA KOLOSAL KISAH PERJUANGAN MOCH. SROEDJI

UPACARA PENURUNAN BENDERA PEMKAB JEMBER DIWARNAI DRAMA KOLOSAL KISAH PERJUANGAN MOCH. SROEDJI

UPACARA PENURUNAN BENDERA PEMKAB JEMBER DIWARNAI DRAMA KOLOSAL KISAH PERJUANGAN MOCH. SROEDJI

Dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77 dan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, Pemkab Jember menggelar upacara pengibaran bendera, Rabu (17/8/2022) pagi di Alun-alun Jember. Upacara yang dipimpin oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto, diikuti oleh Forkopimda, ASN, serta sejumlah instansi dan pelajar di Jember.

Upacara yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB itu berlangsung secara khidmat. Sang saka merah putih dikibarkan oleh 70 orang Paskibraka Kabupaten Jember, dengan formasi 17-8-45. Rangkaian upacara peringatan HUT ke-77 RI dilanjutkan sore hari dengan agenda penurunan bendera merah putih. Uniknya, pasca selesai penurunan bendera, ada penampilan drama kolosal oleh 170 siswa SMP – SMA itu disutradarai oleh Dani Hendarto.

Drama kolosal itu menceritakan tentang perjuangan Komandan Brigade III/Damarwulan, Letnan Kolonel Mochammad Sroedji. Sosok pahlawan itu gugur di medan laga pada tahun 1949 atau dikenal sebagai pertempuran Karang Kedawung. Hendy pun memberikan apresiasi karena menurutnya kisah perjuangan Moch. Sroedji patut diteladani, khususnya bagi generasi muda. Mereka adalah generasi penerus yang harus mempertahankan kesatuan bangsa dan ia berharap agar Indonesia bisa menjadi bangsa yang bermartabat.

Penampilan drama kolosal itu menyita perhatian, terlihat dari antusiasme masyarakat yang memenuhi Kawasan Alun-alun. Ditemui usai penampilan, Sutradara Dani menceritakan alasan memilih Moch Sroedji sebagai tokoh yang ditampilkan dalam drama kolosal kali ini. Ia menyebut, Moch. Sroedji sudah berjuang untuk Jember dan gugur di Jember pula, tepatnya di Mumbulsari. Maka dari itu, masyarakat perlu mengetahui kisah perjuangannya. Drama itu menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, bahwa ada pahlawan yang berjuang untuk Jember hingga titik darah penghabisan.

Di akhir penampilan, 2 veteran yang berjuang pada masa pertempuran Karang Kedawung bersama Moch. Sroedji ikut hadir. 2 pejuang itu membawa bendera merah putih yang diserahkan kepada Bupati Jember, sebagai simbol melanjutkan perjuangan.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B