USAI LEBARAN, HARGA CABAI RAWIT TURUN HARGA BAWANG MERAH NAIK

USAI LEBARAN, HARGA CABAI RAWIT TURUN HARGA BAWANG MERAH NAIK

USAI LEBARAN, HARGA CABAI RAWIT TURUN HARGA BAWANG MERAH NAIK

Pasca perayaan Hari Raya Idul Fitri, harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Jember terpantau stabil. Beberapa komoditas bahkan mengalami penurunan harga.

Seperti mengutip data dari daftar harga Bapokting di Kabupaten Jember, Senin (1/5/2023) harga cabai rawit semakin terjun diangka Rp 22 ribu/Kg, padahal sebelum ramadan harganya menembus angka Rp 75 ribu/kg.

Kepala Disperindag Jember, Bambang Saputro menjelaskan, turunnya harga cabai disebabkan karena para petani cabai di Jember telah mengalami masa panen raya.

Selain harga cabai yang turun, ada komoditas yang mengalami kenaikan harga namun tidak signifikan, yakni bawang merah. Saat ini harga bawang merah Rp 36 ribu/kg, naik dari harga sebelumnya Rp 32 ribu/kg.

Sebagian besar kebutuhan bawang merah di Jember memang masih dipasok dari daerah penghasil, salah satunya Kabupaten Probolinggo. Mengingat di Jember sendiri, masih sedikit petani yang menanam bawang merah. Hal ini yang menyebabkan harga bawang merah cenderung naik.

Terdapat selisih harga bawang merah di pasaran antara lain, di Pasar Tanjung Rp 32 ribu/kg, Pasar Rambipuji Rp 35 ribu/kg, Pasar Kalisat Rp 34 ribu/kg, Pasar Ambulu 31 ribu/kg dan Pasar Gebang Rp 30 ribu/kg

Meski begitu, Bambang menjelaskan, secara umum harga bapokting di Jember setelah Idul Fitri masih aman dan relatif stabil.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B