50 ANGGOTA DPRD JEMBER DILANTIK, PEMBENTUKAN AKD PALING CEPAT SEBULAN

50 ANGGOTA DPRD JEMBER DILANTIK, PEMBENTUKAN AKD PALING CEPAT SEBULAN

50 ANGGOTA DPRD JEMBER DILANTIK, PEMBENTUKAN AKD PALING CEPAT SEBULAN

Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Jember telah resmi bertugas sejak dilantik Rabu, 21 Agustus 2024. Ditunjuk sebagai Ketua sementara Ahmad Halim dari Gerindra dan wakilnya Fuad Akhsan dari PKB.

Halim mengatakan, pasca pengambilan sumpah janji langkah yang segera dilakukan adalah proses fasilitasi untuk pimpinan definitif.

Ketua sementara akan segera berkirim surat kepada empat partai yang berhak mendapatkan kursi pimpinan. Yakni Gerindra, PKB, PDIP, dan Nasdem untuk mengajukan nama sebagai pimpinan DPRD dan ketua fraksi.

Biasanya, surat dari partai ini berasal dari DPP. Selanjutnya disahkan, diproses sekretariat dewan lalu dimintakan SK Gubernur dan terakhir dilakukan pelantikan.

Halim melanjutkan, untuk pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), DPRD Jember selalu mengutamakan musyawarah mufakat berdasarkan komposisi perolehan jumlah kursi. Yang jumlahnya besar mengayomi yang kecil dengan komposisi proporsional.

Halim menambahkan, pembentukan AKD paling cepat membutuhkan waktu satu bulan. Ia berharap surat dari DPP secepatnya turun. Karena ada agenda mendesak diantaranya pembahasan APBD 2025 dan Perubahan APBD 2024 yang di deadline pada 31 September nanti.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B