AWASI PELAKSANAAN PILKADA, LEGISLATIF SEGERA BENTUK PANSUS

AWASI PELAKSANAAN PILKADA, LEGISLATIF SEGERA BENTUK PANSUS

AWASI PELAKSANAAN PILKADA, LEGISLATIF SEGERA BENTUK PANSUS

DPRD Kabupaten Jember segera membentuk panitia khusus (Pansus) untuk mengawasi jalannya Pilkada 2024. Paling lambat, Pansus harus sudah terbentuk bulan September mendatang.

Hal itu dikatakan pimpinan sementara DPRD Jember Fuad Akhsan, Kamis (29/8/24). Fuad menjelaskan, Pansus akan segera dibentuk setelah alat kelengkapan dewan terbentuk.

Termasuk pimpinan definitif, komisi, Badan Musyawarah, Badan Kehormatan, dan lainnya. Yang ditargetkan selesai pada pertengahan bulan September.

Pansus pilkada khususnya untuk mengawasi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pelaksanaan Pilkada.

Tujuannya, agar Pilkada dapat berlangsung secara demokratis. Tidak menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon yang mendaftar sebagai bupati dan wakil bupati.

Pengawasan itu juga akan mencakup netralitas ASN. Dia menyebut akan berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) untuk mengarahkan dan memastikan ASN bersikap netral.

Dibentuknya pansus pilkada ini merupakan antisipasi untuk netralitas ASN dan juga agar anggaran digunakan sesuai dengan peruntukannya secara terbuka, tandasnya. (thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B