DARI HOBI JADI REZEKI, POLISI DI JEMBER INI SUKSES BUDIDAYAKAN ANGGUR EROPA

DARI HOBI JADI REZEKI, POLISI DI JEMBER INI SUKSES BUDIDAYAKAN ANGGUR EROPA

DARI HOBI JADI REZEKI, POLISI DI JEMBER INI SUKSES BUDIDAYAKAN ANGGUR EROPA

Seorang anggota kepolisian di Jember sukses membudidayakan tanaman anggur varietas asal benua Eropa di kebun miliknya sendiri. Kecintaannya pada ekosistem alam, mampu membuatnya meraup tambahan cuan hingga puluhan juta rupiah per tahunnya.

Adalah Aiptu Hadi Purnomo, anggota kepolisian dari Polsek Patrang Jember yang tak hanya aktif namun juga kreatif, menyulap lahan bekas tempat pengolahan sampah menjadi lahan produktif berupa kebun dengan beragam tumbuhan.

Sepulang dari dinas sebagai Kepala SPKT Polsek Patrang, pria berusia 48 tahun ini selalu menyempatkan diri merawat beragam jenis tanaman di kebun yang terletak di samping rumahnya di Kelurahan Cangkring, Kecamatan Patrang.

Salah satu tanaman yang menjadi primadona di kebun seluas 100 meter persegi miliknya, adalah buah anggur yang berasal dari benua Eropa berjenis Transfiguration, Livia, dan Jupiter.

Buah yang banyak mengandung vitamin C itu dipilih karena proses perawatan yang relatif mudah. Serta buah tersebut masih bisa berbuah di lingkungan tropis.

Dalam sekali petik, Hadi bisa mengumpulkan 8 kilogram buah anggur matang. Masa panen dua kali dalam setahun, Hadi bisa mendapat tambahan cuan hingga puluhan juta rupiah.

Hadi juga menjadi pelopor budidaya anggur di lingkungannya yang turut memotivasi warga setempat untuk melakukan hal serupa sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Tak hanya anggur, di sela kesibukannya sebagai penegak hukum, Hadi juga membudidayakan sejumlah tanaman buah seperti apel, durian dan mangga. Serta beragam jenis bunga seperti kaliandra, bougenville, dan kembang kertas.

Hal itu dilakukan guna menjaga ekosistem alam yang sehat bagi serangga serbuk di kebun miliknya. Seperti kupu-kupu, lebah, dan kunang-kunang yang kini semakin jarang ditemui.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B