GUNUNGAN DURIAN SETINGGI 13 METER DI ACARA SEDEKAH BUMI KABUPATEN JEMBER

GUNUNGAN DURIAN SETINGGI 13 METER DI ACARA SEDEKAH BUMI KABUPATEN JEMBER

GUNUNGAN DURIAN SETINGGI 13 METER DI ACARA SEDEKAH BUMI KABUPATEN JEMBER

Sabtu (4/3/23) di alun-alun Kabupaten Jember digelar acara Gebyar Gunungan Hasil Bumi. Terdapat gunungan buah durian berjumlah 2023 buah dengan tinggi 13 meter. Acara ini adalah sedekah bumi sebagai wujud syukur masyarakat kepada Tuhan YME atas limpahan hasil bumi yang diberikan.

Selain Bupati Jember dan Forkopimda acara ini juga dihadiri Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP), Kementerian Pertanian RI.

Perwakilan Kementrian Pertanian (Kementan) RI, Lely Nuryati menyampaikan, Bupati Jember telah mendaftarkan varietas Durian Jambearum dan Durian Raung Jambe ke Kementrian Pertanian pada (9/2/23) lalu. Setelah dilakukan verifikasi, Kementan melalui Pusat PVTPP telah mengeluarkan sertifikat tanda daftar untuk dua varietas lokal tanaman dari Kabupaten Jember yaitu durian Jambearum dan durian Raung Jambe.

Ia menyampaikan, setelah didaftarkan selanjutnya kedua varietas durian tersebut bisa dikembangkan dan dikomersialisasikan, sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Jember.

Bupati Jember, Hendy Siswanto bilang, kegiatan ini adalah perwujudan kerjasama kolaborasi antara para Petani penggarap dengan Pemerintah.

Menurut Bupati, bumi Jember memiliki bermacam buah-buahan dan tanaman varietas unggul. Untuk itu, Bupati mendorong pemerintah dan masyarakat untuk mendaftarkan ke Kementan agar mendapatkan sertifikat kualitas lokal. Sehingga bisa menaikkan kelas dan menaikkan nilai jual komoditas pertanian Jember.

Bupati berharap, kedepannya ada banyak varietas hasil pertanian Kabupaten Jember yang memperoleh sertifikat dari Kementan RI, dan dengan kegiatan sedekah bumi ini bisa membawa kesejahteraan dan perlindungan bagi seluruh masyarakat Jember. (put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B