GUS DUR CORNER, CARA UIN KHAS JEMBER TELADANI MODERASI BERAGAMA GUS DUR

GUS DUR CORNER, CARA UIN KHAS JEMBER TELADANI MODERASI BERAGAMA GUS DUR

GUS DUR CORNER, CARA UIN KHAS JEMBER TELADANI MODERASI BERAGAMA GUS DUR

Merawat dan meneladani perjuangan moderasi beragama Gus Dur, Kampus UIN KHAS Jember miliki Gus Dur Corner bertempat di Gedung Perpustakaan Kampus. Gus Dur Corner, diresmikan oleh Wakil Rektor I, M. Khusna Amal bersama Gusdurian, Kamis (19/9/24).

Khusna Amal mengatakan, pemikiran Gus Dur sejauh ini telah memainkan peran yang cukup penting. Salah satunya adalah mengembangkan sikap toleransi terhadap berbagai macam perbedaan dan keragaman etnik, agama, budaya, dan sebagainya.

Gus Dur juga mengajarkan bagaimana kita mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih damai dalam pluralisme negara kesatuan Republik Indonesia.

Moderasi dalam pemikiran Gus Dur juga sangat relevan dengan ajaran Islam yang sudah di kontekstualisasi. Salah satunya sikap moderat, toleran, inklusif yang penting diterjemahkan dalam kehidupan yang lebih luas.

Melalui Gus Dur Corner ini, gagasan-gagasan pemikiran Gus Dur maupun yang ditulis oleh pihak yang mengkaji pemikiran Gus Dur akan didokumentasikan. 

Serta menjadi tempat untuk saling mendiskusikannya. Sehingga pada gilirannya akan menjadi ruang yang produktif bagi sivitas akademika atau publik lainnya untuk terus mendalami memperkaya dan mengimplementasikan dalam kehidupan nyata.

Harapannya, dapat tercipta kehidupan yang menghargai keberagaman perbedaan, menekankan perdamaian dengan sikap inklusif moderat dan toleran dari lingkungan kampus, Jember hingga Indonesia.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B