KADISHUB JEMBER: ZERO ODOL SELARAS DENGAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN

KADISHUB JEMBER: ZERO ODOL SELARAS DENGAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN

KADISHUB JEMBER: ZERO ODOL SELARAS DENGAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerapkan  kebijakan bebas truk muatan dan dimensi berlebih atau disebut Over Dimension Over Loading (ODOL). Peraturan itu pun terus disosialisasikan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk Jember.

Dikonfirmasi K Radio pada Kamis (24/2/2022), Kepala Dinas Perhubungan Jember, Agus Wijaya, mengatakan selama ini pihaknya sering menemui kendaraan yang melebihi kapasitas angkutnya. Kebijakan dari pusat tersebut menurutnya selaras dengan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Jember. Ia menilai, kebijakan itu mampu menjaga dan memperpanjang umur jalan, karena kendaraan yang melintas tidak melebihi beban. Sehingga jalan yang sudah dibangun, akan lebih terawat dan dilalui beban sesuai dengan kelas jalannya.

Agus melanjutkan, sejak disosialisasikan, para sopir memahami dan mulai menjalankan hal tersebut. Ia tidak memungkiri terkaitnya kurangnya pengawasan selama ini, terlebih saat jembatan timbang sudah tidak aktif. Maka pihaknya akan bekerja sama dengan pihak penegak hukum dalam melakukan kontrol.

Kebijakan bebas truk muatan berlebih atau target zero ODOL akan efektif berlaku pada 1 Januari 2023. Meski begitu, di wilayah lain, desakan agar kebijakan ini ditunda bahkan dihapuskan masih terus bergulir.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B