KALIBER, MUSEUM BARU DI JEMBER YANG DAPAT DIAKSES MELALUI WISATA JEMBER KELILING KOTA

KALIBER, MUSEUM BARU DI JEMBER YANG DAPAT DIAKSES MELALUI WISATA JEMBER KELILING KOTA

KALIBER, MUSEUM BARU DI JEMBER YANG DAPAT DIAKSES MELALUI WISATA JEMBER KELILING KOTA

Kaliber adalah sebuah museum baru yang menyimpan puluhan koleksi barang-barang untuk kepentingan pendidikan dari era 1970-an. Koleksi berbagai benda antik yang masih terawat dengan baik itu dapat diakses masyarakat melalui Jelita atau Jember Keliling Kota.

Kadisparbud Jember, Bambang Rudianto, Jumat (26/7/24) mengatakan, museum-museum yang ada di Jember akan disinergikan sehingga menjadi salah satu ekosistem wisata. Bersinergi dengan Jelita, nantinya akan dibuka rute-rute baru diantaranya museum tembakau, museum huruf, museum kaliber, dan berbagai destinasi khas Jember lainnya.

Museum Kaliber sendiri berlokasi di lingkungan sekolah SMKN 5 Jember. Puluhan barang koleksi merupakan alat-alat penunjang praktikum setiap jurusan milik SMKN 5 Jember.

Baik itu kimia analis, mekanisasi pertanian, peternakan, perikanan, sampai multimedia. Bahkan berkas data murid angkatan pertama masih tersimpan baik.

Museum dengan diorama kelas suasana pada masa puluhan tahun lalu membuktikan bila ilmu pengetahuan terus berkembang. Bahkan masih banyak alat-alat yang tersimpan di dalam gudang dan sedang proses restorasi.

Generasi muda yang sudah termanjakan dengan kecanggihan teknologi masa kini juga perlu memahami sejarah inovasi alat praktikum penunjang pembelajaran dari masa ke masa. Agar bisa memahami secara keseluruhan evolusi teknologi dengan berbagai fungsinya.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B