MSG LEBIH AMAN DIBANDING GULA DAN GARAM, BEGINI PENDAPAT AHLI GIZI

MSG LEBIH AMAN DIBANDING GULA DAN GARAM, BEGINI PENDAPAT AHLI GIZI

MSG LEBIH AMAN DIBANDING GULA DAN GARAM, BEGINI PENDAPAT AHLI GIZI

Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang MSG atau MonoSodium Glutamat yang dinilai lebih aman dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi dibandingkan gula dan garam.

Menanggapi hal tersebut, Galih, Ahli Gizi Poliklinik Jember kepada K Radio, Senin (17/6/2024) menjelaskan, MSG telah di nyatakan oleh BPOM bahwa aman untuk dikonsumsi. Selain itu ia menjelaskan bahwa semua hal yang dikonsumsi akan aman apabila sesuai dengan takaran masing-masing.

Ia menjelaskan, hanya konsumsi berlebihan yang mengakibatkan bahan makanan berubah menjadi berbahaya bagi tubuh. Selain itu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing, jika memiliki riwayat penyakit atau resiko sensitif yang memang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi secara berlebihan gula, garam, dan MSG.

Galih menjelaskan, untuk takaran konsumsi harian MSG adalah 4 hingga 6 gram atau setara dengan seperempat sendok teh. Sedangkan untuk gula sebanyak 50 gram atau 5 sendok makan di luar konsumsi buah. Untuk garam sebanyak 1 sampai 2 sendok teh. Namun takaran harian ini tetap disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing berdasarkan kesehatan tertentu. (Afs)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B