OPTIMALISASI PERTANIAN, POKTAN DAPAT AJUKAN BANTUAN POMPANISASI KHUSUS PADI

OPTIMALISASI PERTANIAN, POKTAN DAPAT AJUKAN BANTUAN POMPANISASI KHUSUS PADI

OPTIMALISASI PERTANIAN, POKTAN DAPAT AJUKAN BANTUAN POMPANISASI KHUSUS PADI

Darurat kekeringan lahan pertanian khususnya tanaman padi, petani melalui Poktan dapat mengajukan bantuan pompanisasi ke Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP).

Kabid Tanaman Pangan Dinas TPHP Kabupaten Jember, Luhur Prayogo, Senin (26/8/24) mengatakan, program tersebut digencarkan Kementerian Pertanian dalam rangka optimalisasi pertanian di musim kemarau.

Bantuan tersebut dapat diajukan dengan ketentuan kondisi lahan pertanian padi mengalami kekeringan untuk menyelamatkan tanaman padi terancam gagal panen atau optimalisasi produksi.

Dengan syarat harus ada sumber air yang dapat dipompa untuk mengairi sawah. Baik dari sumur, sungai atau saluran lain selain sumber air saluran irigasi.

Kalau terpaksa tidak ada sumber air yang dapat diambil, maka akan dilihat apakah ada sumber air tanah dalam. Bila memungkinkan akan diajukan pengeboran untuk mendapat sumber air.

Setelah dilakukan pengeboran, maka kelompok tani di kawasan tersebut harus siap untuk menanam padi. Pengajuan dapat dilakukan melalui kelompok tani. Selanjutnya dinas akan mengajukan melalui pihak kementerian.

Kalaupun terpaksa tidak ada sumber air, selama musim kemarau ini Dinas TPHP menyarankan petani agar menanam jagung atau tembakau.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B