PENTINGNYA PAHAMI EMPAT PILAR KEBANGSAAN UNTUK TANGKAL PAHAM RADIKAL

PENTINGNYA PAHAMI EMPAT PILAR KEBANGSAAN UNTUK TANGKAL PAHAM RADIKAL

PENTINGNYA PAHAMI EMPAT PILAR KEBANGSAAN UNTUK TANGKAL PAHAM RADIKAL

Sebagai salah satu upaya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika di Gedung Soetardjo Universitas Jember, Jumat (13/9/24).

Lestari menyampaikan, berbeda dengan masa lalu dimana penyampaian empat pilar kebangsaan lebih pada bersifat doktrin, kondisi saat ini bisa dilakukan dengan mengajak anak-anak untuk memahami secara lebih dalam dengan metode yang sesuai.

Dengan harapan empat pilar kebangsaan ini pada akhirnya tidak sebatas hafalan. Karena sebagai generasi penerus mereka harus dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Relevansi saat ini, melihat masuknya paham-paham radikal dan bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan hal inilah yang perlu adanya pagar.

Lestari melanjutkan, memagari itu tidak dapat dilakukan dengan larangan. Pemagaran harus datang dari diri sendiri melalui pemahaman diri terhadap empat pilar kebangsaan.

Ia juga menambahkan, bonus demografi sebagai keunggulan yang dimiliki Indonesia, diharapkan pada tahun 2030 nanti dapat terwujud. Generasi muda perlu mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk terus belajar. 

Termasuk kampus berkolaborasi dengan MPR yang merupakan bentuk penguatan bagi generasi penerus. MPR ajuga kan selalu terbuka untuk terus melakukan sosialisasi seperti ini, karena sekali pertemuan saja pasti  belum cukup.

Dihadapkan ratusan mahasiswa, hadir pula turut menyampaikan materi Anggota DPR RI Dapil IV Jember-Lumajang Charles Meikyansah.(thn)vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvv

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B