PERINGATI HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL, PEREMPUAN DI JEMBER DIAJAK MENGOLAH SAMPAH ORGANIK

PERINGATI HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL, PEREMPUAN DI JEMBER DIAJAK MENGOLAH SAMPAH ORGANIK

PERINGATI HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL, PEREMPUAN DI JEMBER DIAJAK MENGOLAH SAMPAH ORGANIK

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember, mengadakan program pelatihan pembuatan Eco enzyme dan Sabun Eco enzyme  beraroma, Selasa (7/3/23) di Kantor DP3AKB Kabupaten Jember.

Selain itu, melalui Kelas Kuliner Sehat, DP3AKB juga mengajak perempuan-perempuan di Jember untuk mengolah sampah organik guna mengurangi pencemaran lingkungan dan untuk mengangkat ekonomi kreatif di Kabupaten Jember. Pelatihan ini diikuti oleh 80 orang antara lain, ibu-ibu PKK, Dasa Wisma, Disabilitas, dan berbagai kalangan lain.

Ani Mujiati, Pengelola Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPAA) DP3AKB Jember, menyampaikan, tujuan pelatihan pembuatan Eco enzyme ini adalah untuk mengantisipasi dampak pencemaran lingkungan. Agar sampah memiliki daya guna yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Salah satunya, dengan mengolah sampah organik dari kulit buah dan sayuran menjadi Eco Enzyme dalam beragam bentuk serta dapat dikomersialkan seperti, sabun, obat penyakit kulit, penumbuh rambut, body lotion, dan lain-lain.

Menurutnya, jika perempuan bisa membuat eco enzyme sendiri dirumah, ini bisa lebih menghemat uang belanja. Karena mereka bisa menghasilkan produk untuk keperluan rumah tangga sendiri, seperti sabun dan produk perawatan tubuh lain. Dan juga bisa dijadikan sebagai usaha, untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Linda Ayu Wulandari, salah satu peserta pelatihan berharap, dengan adanya pelatihan ini ibu rumah tangga bisa memiliki keahlian untuk menghasilkan produk kreatif dan inovatif, sebagai penunjang ekonomi kreatif di Jember.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B