SOSIALISASI QRIS BI JEMBER MENYASAR UMKM DRIVER ONLINE

SOSIALISASI QRIS BI JEMBER MENYASAR UMKM DRIVER ONLINE

SOSIALISASI QRIS BI JEMBER MENYASAR UMKM DRIVER ONLINE

Bank Indonesia (BI) Jember melakukan sosialisasi penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai standarisasi pembayaran yang lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.  Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (9/3/23) di Aula Gedung Serbaguna BI Jember ini menggandeng UMKM Driver Online dan para pelaku UMKM Umum.

Andi Anjum, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember mengatakan, kegiatan ini merupakan  edukasi dan sosialisasi khususnya kepada pelaku UMKM tentang QRIS.  Peserta yang hadir kali ini sebanyak 270 orang yang merupakan pelaku UMKM.

Ia menjelaskan, dengan menggunakan QRIS akan lebih memudahkan masyarakat dan pedagang dalam bertransaksi. Caranyapun cukup mudah dan sederhana, yaitu cukup dengan memindai kode QR yang merupakan identifikasi unik masing-masing pedagang.

Sosialisasi dan edukasi ini dilakukan secara masif di beberapa titik. Seperti ke sekolah, kampus, dan pesantren. Ia berharap akan semakin banyak masyarakat yang bisa menggunakan QRIS.

Untuk saat ini di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Jember sudah ada sekitar 293.000 merchant QRIS. Dan di wilayah Kabupaten Jember sendiri ada sekitar 112.000 merchant yang sudah menggunakan QRIS.

Salah satu pelaku usaha UMKM, Sofiadin menyampaikan, penggunaan QRIS itu cukup mudah dan  keuntungan lainnya tidak perlu bingung lagi mencari uang kembalian. Akan tetapi kendalanya ada pada karyawan yang masih gagap teknologi dan tidak bisa menggunakan QRIS.

Ia berharap, BI semakin banyak melakukan sosialisasi sampai ke desa-desa, sehingga tanpa membawa uang tunaipun pembeli tetap bisa membayar walaupun tempatnya di desa.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B