TUMBUHKAN BUDAYA LITERASI, 2 PEMUDA ASAL TANGGUL BUKA TAMAN BACA DI ALUN-ALUN KECAMATAN

TUMBUHKAN BUDAYA LITERASI, 2 PEMUDA ASAL TANGGUL BUKA TAMAN BACA DI ALUN-ALUN KECAMATAN

TUMBUHKAN BUDAYA LITERASI, 2 PEMUDA ASAL TANGGUL BUKA TAMAN BACA DI ALUN-ALUN KECAMATAN

Budaya membaca di kalangan masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Berdasarkan data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya di angka 0,001 %. Dengan kata lain, hanya 1 dari 1.000 orang Indonesia yang rajin membaca. Data tersebut pun menempatkan Indonesia di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia.

Keberadaan taman baca atau perpustakaan, bisa menjadi salah satu penggerak minat baca masyarakat. Keyakinan itulah yang mendasari 2 pemuda asal Kecamatan Tanggul, Muhamad Husni Azhuri dan Muhammad Yordan Fitroni untuk membuka Taman Baca. Mereka memberikan fasilitas tersebut untuk masyarakat yang sedang menikmati hari minggu pagi di Alun-alun Kecamatan Tanggul. Taman baca itu beroperasi setiap hari Minggu, mulai pukul 6 – 9 pagi. Masyarakat bisa membaca buku langsung di tempat atau meminjam untuk dibawa pulang dengan jangka waktu pengembalian selama 1 minggu. Untuk memeriahkan kegiatan taman baca, mereka juga mengadakan kuis berhadiah merchandise untuk anak-anak di alun-alun Kecamatan Tanggul.

Kepada K Radio, Husni menceritakan ide awal tercetusnya taman baca itu, yakni saat sedang ngopi bersama Yordan. Dari obrolan santai itulah kemudian diwujudkan sebagai salah satu program kerja saat bergabung dalam Departemen Dakwah PAC IPNU IPPNU Tanggul. Pada awalnya, koleksi buku yang disediakan menurut Husni, hanya berjumlah 10. Meski demikian, mereka tetap semangat menggelar taman baca secara konsisten serta berupaya menambah koleksinya. Mereka terus mencari donatur dengan menyebarkan flyer cetak hingga ke media sosial.

Perjuangan keduanya pun tidak sia-sia, hingga terkumpul berbagai koleksi buku mulai dari buku anak-anak, novel, sejarah, hingga filsafat. Tidak hanya para donatur dari wilayah setempat, tapi banyak juga yang berasal dari luar Jember seperti Kota Malang. Sejak didirikan pada April 2020, Husni melihat respon masyarakat sangat bagus. Ia tidak menampik adanya kendala selama menjalankan Taman Baca. Seperti koleksi buku yang terbatas dan rak untuk menempatkan buku agar lebih tertata dan terawat dengan baik. Meski demikian, ia bercita-cita bisa membuka Taman Baca di luar Kecamatan Tanggul dan mengadakan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan literasi masyarakat.(ian)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B