4 UMKM ASAL JEMBER TERPILIH PERKENALKAN PRODUK LOKAL DI MOTOGP MANDALIKA

4 UMKM ASAL JEMBER TERPILIH PERKENALKAN PRODUK LOKAL DI MOTOGP MANDALIKA

4 UMKM ASAL JEMBER TERPILIH PERKENALKAN PRODUK LOKAL DI MOTOGP MANDALIKA

4 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kabupaten Jember berhasil lolos seleksi open booth (buka stan) di event internasional MotoGP Mandalika. Keempat UMKM itu adalah Afa Cokelat, Legendaris Koka, Macarina, dan Bedhag Kopi.

Owner Afa Cokelat, Farida, kepada K Radio Jumat (18/3/2022), menjelaskan awal mula usahanya terpilih open booth di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Menurutnya, para pelaku UMKM harus mendaftar terlebih dahulu melalui link yang disediakan Kementerian Koperasi. Kemudian pendaftar yang masuk akan diseleksi dan hanya dipilih 1.500 produk UMKM se-Indonesia.

Farida melanjutkan, event internasional yang berlangung 3 hari dari 18 – 20 Maret 2022 itu sangat berdampak positif bagi pelaku UMKM. Selain bisa memperkenalkan produk lokal ke kancah internasional, UMKM juga memperoleh relasi dan pengalaman baru. Terkait produk yang diboyongnya ke Mandalika yakni cokelat khas Kabupaten Jember. Mulai dari varian kopi, biji karet, dan daun kelor yang menjadi produk unggulan dari Jember.

Diketahui sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 harus bisa memberikan dampak  signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sehingga, produk-produk ekonomi kreatif lokal milik UMKM dihadirkan secara langsung di Mandalika.(dew)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B