BUPATI JEMBER PERSIAPKAN EDAMAME SEBAGAI IKON BARU JEMBER

BUPATI JEMBER PERSIAPKAN EDAMAME SEBAGAI IKON BARU JEMBER

BUPATI JEMBER PERSIAPKAN EDAMAME SEBAGAI IKON BARU JEMBER

Bupati Jember, Hendy Siswanto sedang menyiapkan ikon tambahan di Kabupaten Jember. Kalau sebelumnya sudah melekat dengan ikon kota tembakau, kini Jember sedang dipersiapkan sebagai sentra kedelai edamame di Indonesia. Komitmen ini disampaikannya usai menggelar pertemuan bersama pimpinan PT Mitra Tani Dua Tujuh Jember, Jumat (7/5/2021) pagi di Pendopo Wahyawibawagraha Jember.

Hendy mengatakan, masyarakat Jember patut berbangga dengan komoditas edamame di Jember yang memiliki tingkat produksi terbesar di Indonesia. Selain itu, industri pertanian edamame yang dilakukan oleh Mitra Tani telah berdampak besar pada pembukaan lapangan pekerjaan. Setidaknya sampai saat ini, 10.000 warga Jember dipekerjakan oleh Mitra Tani. Produksi edamame merupakan padat karya yang luar biasa.

Menurut Hendy, pihaknya siap menjalin kerjasama dengan Mitra Tani terkait program pengembangan untuk mendukung edamame sebagai ikon tambahan kota Jember. Termasuk dalam pengembangan lahan pertanian edamame, Pemerintah Kabupaten Jember berkomitmen siap meminjamkan aset tanahnya melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Mitra Tani untuk mendongkrak produksinya.

Hendy menambahkan, pihaknya akan mengajak sebagian petani di Jember untuk bergeser menanam edamame, karena harganya sudah cukup bagus. Meski perlahan, langkah itu diharapkan bisa mengurangi angka kemiskinan di Jember.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B