GREEN BEAN INOCULANT, BIJI KOPI ARABIKA FERMENTASI KHAS JEMBER DENGAN CITARASA KUAT

GREEN BEAN INOCULANT, BIJI KOPI ARABIKA FERMENTASI KHAS JEMBER DENGAN CITARASA KUAT

GREEN BEAN INOCULANT, BIJI KOPI ARABIKA FERMENTASI KHAS JEMBER DENGAN CITARASA KUAT

Green bean Inoculant, biji kopi arabika fermentasi menjadi salah satu brand kopi lokal asal Jember yang diperkenalkan dalam Jatim Coffee and Trade Fest 2024 di Jember, 23-26 Mei 2024.

Pemilik kopi, Aldi, menuturkan, pemrosesan biji kopi Inoculant berbeda dengan kopi lainnya, sehingga memiliki citarasa dan aroma yang kuat. Sebelum diolah, kopi segar petik dari kebun difermentasi dalam tong selama lima hari. Selama fermentasi, kopi ditambah dengan air, ragi dan buah-buahan.

Setelah proses fermentasi, baru biji kopi dipisahkan dari kulitnya. Kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari hingga kering dengan kadar air yang diinginkan. Biji kopi kehijaun dengan aroma kuat inilah kemudian yang dikemas untuk dijual.

Penikmat kopi juga dapat menikmati proses pengolahan green bean hingga siap dinikmati. Mulai dari roasting, grinder, hingga tahap akhir penyeduhan dalam cup.

Usai membuka acara, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, Jember menjadi salah satu penghasil kopi terbesar dengan produksi mencapai 11.700 ton per tahun. Dengan hamparan luasan tanaman kopi 18.000 hektar. Serta memiliki pusat penelitian kopi, sehingga potensi kopi Jember sangat besar.

Dirinya berharap dengan event seperti ini kopi Jember dapat lebih dikenal masyarakat luas, bahkan bisa bersaing di luar negeri. Pemkab juga berupaya mendaftarkan varietas unggulan kopi asli Jember agar tidak diakui oleh daerah lain.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B