INGIN BERKURBAN, PERHATIKAN TIPS MEMILIH HEWAN KURBAN MENURUT PAKAR PETERNAKAN

INGIN BERKURBAN, PERHATIKAN TIPS MEMILIH HEWAN KURBAN MENURUT PAKAR PETERNAKAN

INGIN BERKURBAN, PERHATIKAN TIPS MEMILIH HEWAN KURBAN MENURUT PAKAR PETERNAKAN

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan kurban. Selain ternak harus dipastikan sehat, juga harus memenuhi syarat umur serta pertimbangan daging yang lebih banyak.

Menurut pakar peternakan Universitas Jember Nur Widodo, syarat utama memilih hewan kurban adalah sehat, gemuk, tidak cacat fisik, dan telah cukup umur.

Jika tidak memenuhi persyaratan itu maka tidak dibenarkan ternak itu menjadi hewan kurban, kata dosen sekaligus Ketua Takmir Masjid Al-Ayman Unej Kampus 2 Bondowoso.

Ternak kurban sebaiknya dipilih ternak jantan dan bila terpaksa betina harus dipastikan tidak dalam keadaan bunting. Secara kasat mata, ternak yang sehat biasanya dilihat dari matanya yang bersinar tidak sayu dan gerakannya aktif.

Usia ternak sapi layak digunakan sebagai ternak kurban minimal umur 2 tahun. Pendugaan umur sapi yang paling mudah dapat dilakukan dengan melihat struktur gigi serinya. Bila gigi sapi masih gigi susu dan belum ada yang ganti (poel) bisa dipastikan sapi tersebut masih berumur di bawah 2 tahun.

Gigi sapi poel satu pasang diperkirakan sapi umur 2-3 tahun, poel dua pasang umur 3-4 tahun, poel tiga pasang umur 4-5 tahun, dan poel empat pasang umur lebih dari 5 tahun.

Sedangkan untuk penilaian atau pendugaan banyaknya daging pada ternak harus dilihat dari sisi depan, samping, dan belakang ternak, dengan memperhatikan tinggi dan panjang ternak. Fokus penilaian ternak pada bagian paha belakang, pinggul, paha kaki depan, dan punggung.

Bila tulang pinggul, punggung, dan rusuk tidak terlihat maka bisa dikatakan sapi tersebut gemuk dan memiliki banyak daging. Jangan terkecoh dengan besar perut sapi, akibat penilaian yang dilakukan hanya dari sisi depan dan samping ternak saja.

Memilih sapi ternak yang baik itu selain melihat juga dapat dilakukan dengan meraba pada bagian paha, pinggul, punggung, dan paha kaki depan untuk memastikan keberadaan daging pada bagian-bagian tersebut.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B