JELANG IDUL ADHA, HARGA TERNAK SAPI MULAI MENGALAMI KENAIKAN

JELANG IDUL ADHA, HARGA TERNAK SAPI MULAI MENGALAMI KENAIKAN

JELANG IDUL ADHA, HARGA TERNAK SAPI MULAI MENGALAMI KENAIKAN

Tiga pekan menuju Hari Raya Idul Adha 2024, harga ternak sapi mulai mengalami kenaikan. Dari harga pasaran sapi sebesar Rp22 juta saat Idul Adha tahun kemarin, kini naik hingga Rp25 juta per ekornya.

Salah satu peternak hewan kurban di Kecamatan Sukorambi, Jember, Alwi, Rabu (22/5/24) menuturkan, kenaikan harga terjadi karena semakin berkurangnya populasi sapi yang ada di desa-desa. Jumlah antara pasokan dan permintaan tidak berimbang sehingga membuat harga mulai merangkak naik.

Namun demikian, dirinya tetap optimis penjualan hewan kurban tahun ini tetap akan tinggi. Dirinya mengaku sudah mulai mendapat pesanan dari para pembeli. Tidak tanggung-tanggung sebanyak 30 persen dari ketersediaan ternak sapi dan kambing miliknya sudah dipesan pembeli.

Setiap menjelang Idul Adha, biasanya Alwi menyiapkan setidaknya 100 ekor sapi dan 500 ekor kambing untuk dikirim dan dipasarkan di luar kota seperti Surabaya dan Jakarta maupun di kawasan Jember.

Untuk ternak sapi dengan bobot 300-500 kilogram dirinya menjual dengan harga berkisar Rp20 hingga Rp25 juta. Sedangkan untuk sapi super jenis Limosin berbobot 900 kilogram ia jual dengan harga Rp55 juta.

Sedangkan, untuk satu ekor kambing, harganya bervariasi mulai dari Rp4 juta. Sedangkan kambing jenis etawa dijual dengan harga belasan juta rupiah per ekor.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B