LIBUR PANJANG, WISATA KEBUN TEH GUNUNG GAMBIR TAWARKAN EKSOTIKA HAWA SEJUK PEGUNUNGAN

LIBUR PANJANG, WISATA KEBUN TEH GUNUNG GAMBIR TAWARKAN EKSOTIKA HAWA SEJUK PEGUNUNGAN

LIBUR PANJANG, WISATA KEBUN TEH GUNUNG GAMBIR TAWARKAN EKSOTIKA HAWA SEJUK PEGUNUNGAN

Libur panjang Hari Raya Waisak dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata alam yang bisa anda pilih adalah Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir yang berada di Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Jember.

Destinasi wisata yang berbatasan dengan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini memang dikenal dengan keunggulan pemandangan gunung yang indah dan eksotis serta udara yang sejuk.

Wisata alam ini ibarat mutiara yang lama terpendam. Lokasi kebun teh Gunung Gambir yang berada jauh di pelosok Jember ditambah akses jalan yang sebelumnya susah dijangkau, membuat destinasi ini beberapa tahun yang lalu sama sekali tidak dikenal turis.

Perkebunan teh Gunung Gambir yang berada di lereng Gunung Argopuro ini sebenarnya sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Namun eksistensinya sebagai destinasi wisata alam, baru mulai dikenal luas pada 2018.

Menurut Dodo Eko Wahyudi, petugas pengelola Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir saat dikonfirmasi K-Radio, keindahan alam perkebunan teh Gunung Gambir ini mulai ditemukan dan dipopulerkan oleh pecinta komunitas olahraga off road kepada masyarakat.

Mereka kemudian menggelar event off road, pada 1 Oktober 2018 yang sekaligus menandai dibukanya Gunung Gambir sebagai destinasi wisata untuk umum. Hal ini ditunjang dengan perhatian dari pemerintah, yakni berupa pembangunan jalan beraspal dari Pemkab Jember pada tahun 2019. Sejak itulah wisata Gunung Gambir mulai viral. Promosi wisata Gunung Gambir yang ikut menggairahkan perekonomian warga setempat, ditopang pula oleh dukungan dari pegiat media sosial.

Sayangnya, wisata perkebunan teh Gunung Gambir yang baru mulai bergeliat sempat terhenti selama lebih dari dua tahun akibat pandemi covid-19.

Setelah pandemi mereda, Agro Wisata Kebun Teh Gunung Gambir terus berbenah. Pengelola secara berkala memperbaiki fasilitas yang ada.

Pengunjung kini bisa menikmati jembatan kayu serta ornamen karya seni kayu seperti berbentuk love. Atau meja besar berbahan kayu yang terhampar di tengah perkebunan dan bisa dinaiki pengunjung. Terbaru pengelola juga menyediakan camping ground di sekitar gunung teh.

Setelah pandemi mereda dan serangkaian inovasi fasilitas secara berkala, pengunjung di Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir terus melonjak.

Akses jalan yang sudah baik memungkinkan kendaraan roda empat seperti mobil dan minibus mencapai destinasi yang berada di ± 900 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini.

Salah satu pengunjung yang datang ke Gunung adalah pasangan Robi dan Rosana asal Gresik. Mereka rela datang menempuh jarak ratusan kilometer karena penasaran melihat eksotika Gunung Gambir yang sebelumnya baru mereka ketahui dari medsos.

Meski ini kunjungan pertamanya ke Gunung Gambir, pasangan ini mengaku sangat puas. Selain karena hawa sejuk dan berbagai fasilitasnya, akses jalan menuju lokasi serta area parkir dinilai cukup mudah dijangkau.

Harga tiket Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir terbilang cukup terjangkau. Hanya sekitar Rp5 ribu untuk tiket masuk. Serta parkir antara Rp2 ribu hingga Rp5 ribu. Tertarik untuk mencoba? (adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B