MOBILITAS IDUL FITRI MENINGKAT, BI JEMBER SEDIAKAN HAMPIR Rp2 TRILIUN UANG PECAHAN KECIL

MOBILITAS IDUL FITRI MENINGKAT, BI JEMBER SEDIAKAN HAMPIR Rp2 TRILIUN UANG PECAHAN KECIL

MOBILITAS IDUL FITRI MENINGKAT, BI JEMBER SEDIAKAN HAMPIR Rp2 TRILIUN UANG PECAHAN KECIL

Dalam rangka mendukung program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 atau 1445 Hijriah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember bekerjasama dengan perbankan menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,99 triliun.

Kepala Perwakilan BI Jember Gunawan, Selasa (19/3/24) mengatakan, jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup serta jenis pecahan yang sesuai dan dalam kondisi uang layak edar.

Sementara itu jumlah kebutuhan uang tunai menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 yang telah disampaikan oleh perbankan wilayah kerja KPW BI Jember sebesar Rp1,96 triliun.

Tahun ini, masyarakat dapat menukarkan uang dengan nominal paket penukaran Rp4 juta per paket. Layanan Kas Keliling Bersama Perbankan di Kabupaten Jember direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2024 di Roxy Mall.

Selain itu, layanan penukaran di alun-alun Jember bersama perbankan juga direncanakan pada tanggal 2 April 2024 yang diikuti oleh Bank Indonesia, BRI, Mandiri, BNI, Bank Jatim, BTN, Bank Danamon, BSI, Bank Muamalat dan Bank Jatim Syariah.

Kas keliling dalam kota dan luar kota juga digencarkan selama Ramadan hingga menjelang Idul Fitri. Diagendakan sebanyak delapan kali termasuk kas keliling pada area mudik yaitu di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan Pelabuhan Jangkar Situbondo pada awal April 2024.

BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai diantaranya menggunakan QRIS, memperluas kepesertaan Bl-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong penyedia jasa pembayaran guna menghadapi perlengkapan transaksi di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B