PERDA SAMPAH SUKSES HANTARKAN KABUPATEN JEMBER MERAIH ADIPURA

PERDA SAMPAH SUKSES HANTARKAN KABUPATEN JEMBER MERAIH ADIPURA

PERDA SAMPAH SUKSES HANTARKAN KABUPATEN JEMBER MERAIH ADIPURA

Tahun ini Kabupaten Jember berhasil memboyong penghargaan Adipura 2024. Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firja’un Barlaman di gedung Manggala, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta pada Selasa (05/03/24).

Nurul Hidayah, Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember, Rabu (6/3/24) mengatakan, setelah absen selama 6 tahun, di tahun 2024 ini Kabupaten Jember berhasil membawa pulang Adipura, penghargaan bergengsi yang dikhususkan bagi daerah yang berhasil dalam pengelolaan kebersihan serta lingkungannya.

Menurut lelaki yang akrab disapa Cak Oyong ini, Perda Pengelolaan Sampah Kabupaten Jember yang disahkan pada Januari 2023 lalu turut menjadi indikator Jember dinilai layak mendapatkan Adipura.

Selain itu, saat ini juga semakin banyak masyarakat yang telah membentuk bank sampah. Tercatat ada sekitar 100 bank sampah sudah berkegiatan aktif sejak tahun 2021 lalu.

Meski demikian, lajut Cak Oyong, untuk mempertahankan penghargaan ini perlu ada kerja sama dari semua pihak. Mulai dari masyarakat, pengurus bank sampah hingga pemerintahan untuk saling bersinergi mengaktifkan bank-bank sampah. Target tahun ini seluruh desa di Kabupaten Jember memiliki bank sampah. (Raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B