PERPANJANGAN PENDAFTARAN PANWASCAM, BAWASLU PRIORITASKAN PENDAFTAR PEREMPUAN

PERPANJANGAN PENDAFTARAN PANWASCAM, BAWASLU PRIORITASKAN PENDAFTAR PEREMPUAN

PERPANJANGAN PENDAFTARAN PANWASCAM, BAWASLU PRIORITASKAN PENDAFTAR PEREMPUAN

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember memperpanjang pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) khusus pendaftar perempuan. Sebelumnya, dari 83 pendaftar eksisting, 40 orang dinyatakan lolos tahap selanjutnya.

Komisioner Bawaslu Jember Wiwin Riza Kurnia, (8/5/24) mengatakan, karena kuota pendaftar perempuan belum memenuhi 30 persen, pendaftaran khusus perempuan diperpanjang mulai 9-11 Mei 2024.

Hingga penutupan pendaftaran peserta baru 5-7 Mei kemarin, jumlah pendaftar calon Panwascam sebanyak 221 orang. Dengan 165 pendaftar laki-laki dan hanya 56 perempuan.

Ada 8 kecamatan keterwakilan perempuannya belum terpenuhi, antara lain Gumukmas, Umbulsari, Panti, Tempurejo, Jelbuk, Kalisat, Ledokombo, Sukowono.

Kebutuhan total Panwascam untuk Pilkada sendiri sebanyak 93 orang. Karena telah ada 40 pendaftaran eksisting yang lolos seleksi, pendaftaran selanjutnya membutuhkan 53 orang. Nantinya, jumlah Panwascam di setiap kecamatan ada tiga orang.

Setelah dinyatakan lolos administrasi, pendaftar baru mengikuti tahap tanggapan dan masukan dari masyarakat, ujian tulis, dan wawancara. Hasilnya akhirnya akan diumumkan pada 23 Mei 2024. Dilanjutkan pelantikan dan pembekalan pada 24-25 Mei dan sudah mulai aktif bertugas.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B