PUNCAK PERAYAAN WAISAK DI JEMBER, UMAT BUDHA DOAKAN KEDAMAIAN INDONESIA

PUNCAK PERAYAAN WAISAK DI JEMBER, UMAT BUDHA DOAKAN KEDAMAIAN INDONESIA

PUNCAK PERAYAAN WAISAK DI JEMBER, UMAT BUDHA DOAKAN KEDAMAIAN INDONESIA

Persatuan dalam keberagaman menjadi tema dan pesan utama yang digaungkan Sangha Theravada Indonesia dalam Perayaan Trisuci Waisak 2568 yang jatuh pada 23 Mei 2024 ini. Perayaan Waisak oleh umat Buddha Theravada di Jember dipusatkan di Vihara Dhamma Meta di Jalan Mojopahit Sempusari yang merupakan satu-satunya vihara Budha aliran Theravada di Jember.

Perayaan Waisak di Jember dipimpin oleh Samanera Ratanalankaro yang merupakan calon biksu utusan dari Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa, Batu, Malang.

Persiapan perayaan Waisak telah dilakukan umat Buddhis Jember sejak Kamis (23/05) pagi dengan cara membersihkan vihara. Selanjutnya puncak perayaan Tri Suci Waisak akan mulai dilakukan pada malam harinya dengan ritual Dharmasala yakni dengan mengelilingi Vihara sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan sembari merenungi ajaran-ajaran sang Buddha.

Kemudian memasuki pukul 20:52 WIB, dilakukan puncak acara berupa meditasi. Samanera akan membacakan Paritta Suci, yakni kitab suci agama Buddha yang ditulis menggunakan bahasa Pali yang merupakan bahasa India kuno.

Mewakili umat Buddha, Samanera Ratanalankaro mendoakan agar negeri ini senantiasa diberi kerukunan, kedamaian dan ketenteraman. (adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B