Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

PENGGUNAAN PUPUK KIMIA BERLEBIH DI SEKTOR PERTANIAN, SUMBANG EMISI GAS RUMAH KACA

Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) merupakan masalah yang menjadi perhatian dunia, tak terkecuali di Indonesia. Emisi GRK secara global disumbang dari beragam sektor. Berdasarkan data penelitian, sektor energi menjadi kontributor terbesarnya. Selain itu, sektor pertanian juga menyumbang sekitar 10 – 12% dari total GRK dari gas dinitrogen oksida (N2O) dan gas metan  (CH4) yang dihasilkan penggunaan pupuk kimia.Meskipun persentasenya lebih rendah dari sektor energi, GRK yang dihasilkan sektor pertanian memiliki potensi pemanasan global lebih besar 23 – 296 kali.

Jember merupakan kabupaten di Jawa Timur yang punya sektor pertanian besar. Penggunaan pupuk kimia atau anorganik di Jember juga masih cukup tinggi. Dosen Fakultas Pertanian Universitas Jember, Marga Mandala, Selasa (22/6/2021) menjelaskan, dekomposisi dari pupuk anorganik yang digunakan di lahan pertanian menghasilkan gas.

Marga melanjutkan, Pemupukan nitrogen di sawah yang kondisinya anaerob akan menyebabkan folatilisasi, selanjutnya melepaskan emisi GRK. Gas tersebut diantaranya N2O dan CH4. Selain itu, pupuk kimia nitrogen yang berlebihan tidak hanya menyumbang emisi gas rumah kaca, tapi juga kelebihan zat yang tidak terserap dan menggenang, akan berdampak pada polusi air.

Sementara itu, Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Dwi Purnomo dalam paparannya di Bimtek Petani dan Penyuluh di Kabupaten Jember pada Selasa mengatakan, selama ini petani khususnya di Jember, masih ketergantungan pupuk kimia. Salah satunya dilatarbelakangi ketidakpahaman petani tentang dampak penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan.

Menurut Dwi, pemanfaatan tanah tanpa jeda dan penggunaan pupuk kimia secara berlebihan berpengaruh terhadap kemasaman tanah. Tanah yang masam akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, menjadikan unsur hara tidak bisa diserap, bahkan menjadi racun bagi tanaman. Sehingga ia berharap, dengan pembekalan materi yang disampaikan kepada para petani dan penyuluh pertanian, bisa membuat mereka sadar tentang pentingnya pupuk organik.(rex)

Live Stream